Kurikulum pendidikan perlu memberikan bekal pada siswa agar siap menghadapi kehidupan di era society 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan stimulasi keterampilan abad ke-21 bagi siswa dalam bidang kompetensi dan literasi dasar. Data penelitiannya adalah kalimat yang menggambarkan kegiatan siswa dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21 yang mencakupi kemampuan berpikir kritis & pemecahan masalah, berkarya kreatif, berkolaborasi, dan mengomunikasikan (4C) dan literasi dasar yang mencakupi literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi digital, literasi sains, literasi finansial, literasi budaya dan kewargaan yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas XI susunan Suherli, dkk. Buku tersebut diterbitkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca-catat dan analisis penelitiannya analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan siswa yang mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam hal kompetensi 4C sangat intensif. Sedangkan dalam hal literasi baca tulis sangat intensif, literasi sains, literasi numerasi, & literasi finansial belum intensif, dan literasi digital belum ada.
Copyrights © 2022