KLITIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 4, No 1 (2022)

Stimulasi Keterampilan Abad Ke-21 bagi Siswa dalam Buku Teks Bahasa Indonesia

Sri Muryati, Titik Sudiatmi, Sri Wahono Saptomo (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Kurikulum pendidikan perlu memberikan bekal pada siswa agar siap menghadapi  kehidupan di era society 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan stimulasi keterampilan abad ke-21 bagi siswa dalam bidang kompetensi dan literasi dasar. Data penelitiannya adalah kalimat yang menggambarkan kegiatan siswa dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21 yang mencakupi kemampuan berpikir kritis & pemecahan masalah, berkarya kreatif, berkolaborasi, dan mengomunikasikan (4C) dan literasi dasar yang mencakupi literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi digital, literasi sains, literasi finansial, literasi budaya dan kewargaan yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas XI susunan Suherli, dkk. Buku tersebut diterbitkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca-catat dan analisis penelitiannya analisis konten.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kegiatan siswa yang mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam hal kompetensi 4C sangat intensif. Sedangkan dalam hal literasi baca tulis sangat intensif, literasi sains, literasi numerasi, & literasi finansial belum intensif, dan literasi digital belum ada. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

klitika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

KLITIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia publishes manuscripts on research in language teaching, literature, and linguistics. KLITIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia features research novelties and significance for science advancement in one of the fields of the ...