Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan motivasi belajar siswa SD di kota Bitung, serta faktor-faktor yang mempengaruhi dan upaya perbaikan. Itu adalah studi kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel purposive homogen. Informan harus telah memenuhi persyaratan berikut; seorang guru atau siswa yang tinggal di Bitung, menguasai internet dan akrab dengan perangkat yang digunakan dan memiliki jaringan internet yang baik. Terungkap bahwa motivasi siswa untuk belajar rendah karena lemahnya kinerja guru dalam hal ini karena tidak kreatif, tidak sabar dan tidak mendukung. Untuk membantu guru mengatasi masalah ini, ada enam strategi yang harus diterapkan untuk meningkatkan motivasi siswa, yaitu, mengajar siswa bagaimana membuat keputusan, menuntun mereka untuk menikmati proses pembelajaran, mengembangkan efikasi diri siswa, membimbing mereka untuk menjauh dari penundaan, membantu siswa untuk mengatasi sifat perfeksionis mereka, dan untuk mendekatkan siswa yang tidak tertarik dan terasing.
Copyrights © 2022