DIDASKALIA : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
Vol. 3 No. 1 (2022): Pendidikan Agama Kristen

Menguatkan Keadaban Melalui Meta-learning

Frety Cassia Udang (Institut Agama Kristen Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Persoalan keadaban menjadi perhatian dalam Sidang MPL PGI Tahun 2022. Perhatian ini lahir dari keprihatinan terhadap adanya potensi degradasi etika dan dekadensi moral dalam relasi antar manusia. Meta-learning adalah suatu pola pendidikan yang berorientasi pada kesinambungan antar generasi yang berfokus pada manusianya. Tujuan dari pola pembelajaran Meta-learning adalah efektifitas yang merujuk tidak hanya pada tataran kognitif yaitu kemampuan memahami, tetapi berlanjut pada tataran praksis yaitu pembentukan karakter. Di tengah-tengah persoalan keadaaban yang muncul, Meta-learning menjadi referensi pola pembelajaran yang dapat diterapkan mulai dari unit pendidikan terkecil yaitu keluarga sampai pada unit sosial lainnya seperti gereja, sekolah, kampus dan masyarakat karena berbasis pada pengalaman. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif dengan metode studi pustaka. Melalui penelitian ini, diperoleh hasil bahwa dengan tetap mengedepankan daya kritis, pola pembelajaran Meta-learning menstimulasi seseorang untuk mengingat dan memaknai pengalaman sebagai kapital untuk membangun kehidupan yang berkeadaban.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didaskalia

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Jurnal DIDASKALIA adalah jurnal program studi Pendidikan Agma Kristen yang diambil dari bahasa Yunani yang berarti pekerjaan mengajar atau isi ajaran yang khususnya ditujukan kepada ajaran Yesus Kristus. Tujuan dari Jurnal DIDASKALIA untuk mempublikasikan hasil kajian ilmiah dan penelitian di bidang ...