STAND : Journal Sports Teaching and Development
Vol 3 No 1 (2022): STAND : Journal Sports Teaching and Development

MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN JASMANI SELAMA PANDEMI COVID-19

Arnaz Anggoro Saputro (STKIP PGRI Jombang)
Ilmul Ma’arif (STKIP PGRI Jombang)
Guntum Budi Prasetyo (STKIP PGRI Jombang)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2022

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran daring pendidikan jasmani selama Covid-19 di SMA Negeri Ploso. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data ini menggunakan instrumen pernyataan berupa angket dengan teknik analisis data statistik deskriptif dengan persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri Ploso tahun pelajaran 2021/2022 pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. beserta responden yang berjumlah 76 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan informasi yang diberikan sehingga nilai minimum = 63, nilai maksimum = 98, nilai rata-rata = 72, standar deviasi = 6 dan disimpulkan bahwa tingkat motivasi siswa terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani dari rumah berada pada kategori “Sangat Tinggi” 5 responden dengan prosentase 6%, kategori “Tinggi” 12 responden dengan prosentase 15%, kategori “Sedang” 34 responden dengan prosentase 44%, kategori “Rendah” 26 responden dengan persentase 33%, dan kategori “Sangat Rendah” 1 responden dengan persentase 1%. Dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani daring selama Covid-19 di SMA Negeri Ploso berada kategori cukup baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

stand

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of sport Jurnal STAND Jurnal Penelitian Pembelajaran particularly focuses on the main problems in the development of the sciences ofsport areas as follows: ...