Jurnal Industri Pariwisata
Vol 5, No 1 (2022): JULY

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RESTORAN RAISHA BUTIK HOTEL BOGOR

Julia Ratnawulan Skawanti (Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor)
Rendi Suhendar (Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2022

Abstract

Kepuasan konsumen didapat apabila pelayanan yang diberikan sesuai dengan harapannya. Begitu juga dengan pelayanan yang diberikan oleh Restoran Raisha Butik Hotel Bogor. Melalui kualitas pelayanan, konsumen akan merasa nyaman dan puas sehingga cenderung untuk kembali lagi. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan sampel  yang diambil sebanyak 107 responden yaitu tamu hotel yang datang ke Restoran Raisha Butik Hotel Bogor. Data yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala Likert ordinal untuk melihat korelasi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Adapun teknik pengambilan sampel yaitu Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling.  Data diambil dari 2 variabel antara lain kualitas pelayanan sebagai variabel independen dan kepuasan konsumen sebagai variabel dependen. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis regresi linear sederhana dengan aplikasi SPSS 25.0 dan Microsoft Excel dengan 107 responden. Kesimpulan dari penelitian ini, variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen dilihat dari hasil Koefisien pengaruh variabel Fasilitas (X) terhadap variabel Kepuasan Tamu (Y) = 0,764 yang dapat diartikan bahwa hasilnya menunjukkan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen memiliki hubungan yang sangat signifikan. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pariwisata

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Articles published on Jurnal Industri Pariwisata are based on research. This journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Universitas Sahid which is published twice every year. This journal is intended as one of the media in terms of publishing the results of research ...