Sciening : Science Learning Journal
Vol. 3 No. 1: Juni 2022

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa

Greydio Raidel Lendeon (Universitas Negeri Manado)
Cosmas Poluakan (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Rendahnya keterampilan belajar dan berinovasi, serta kurangnya penguasaan media dan informasi oleh peserta didik menyebabkan proses pembelajaran kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada sub topik suhu dan kalor kelas VIII di SMP Negeri 4 Dumoga. Subjek penelitian adalah siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 4 Dumoga. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel siswa kelas VIII-A sebagai kelas kontrol yang diajarkan menggunakan metode konvensional dan siswa kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model PBL. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal pilihan ganda dan essay untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai sebesar 0,029 < 0,05. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL terhadap kemampuan literasi sains siswa pada sub topik suhu dan kalor kelas VIII di SMP Negeri 4 Dumoga. Hal ini terlihat pada nilai rata-rata kemampuan literasi sains siswa yang diajarkan dengan menggunakan model PBL lebih tinggi dari rata-rata kemampuan literasi sains siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...