Sciening : Science Learning Journal
Vol. 3 No. 1: Juni 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia

Weidi Barneci Sonobe Tegine (Universitas Negeri Manado)
Jovialine A. Rungkat (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar IPA pada materi sistem ekskresi manusia di kelas VIII SMP Negeri 2 Melonguane. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental design yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Melonguane tahun ajaran 2020/2021 dan sampel penelitian ini terdiri atas 2 kelas, yaitu kelas VIIIA dengan jumlah 15 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB dengan jumlah 14 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian hasil belajar berupa tes hasil belajar berbentuk essay yang berjumlah 9 item soal yang hasilnya valid dan reliabel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian pre-test dan post-test kemudian selanjutnya dianalisis menggunakan statistik uji t dengan bantuan SPSS 26. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) ˂ 0,05, yang artinya terdapat pengaruh antara hasil belajar pada kelas ekperimen dan kelas kontrol, yaitu dengan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 84,67 dan kelas kontrol 70,50, maka tolak H0 dan terima H1. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar IPA pada materi sistem ekskresi manusia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...