Sciening : Science Learning Journal
Vol. 3 No. 1: Juni 2022

Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Anugerah Tondano pada Pembelajaran IPA di Era Pandemi Covid-19

Marlina A. Gani (Universitas Negeri Manado)
Widya Anjelia Tumewu (Universitas Negeri Manado)
Brian Ricard Wola (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas VII SMP Anugerah Tondano pada pembelajaran IPA di era pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 12 siswa kelas VII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket motivasi belajar siswa yang berisi delapan indikator tentang motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di era pandemi Covid-19. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total 12 siswa sebagai subjek penelitian terdapat 1 siswa yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi, 2 siswa memiliki motivasi belajar tinggi, 6 siswa memiliki motivasi belajar sedang, 2 siswa memiliki motivasi belajar rendah, dan 1 siswa memiliki motivasi belajar sangat rendah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas VII SMP Anugerah Tondano pada pembelajaran IPA di era pandemi Covid-19 termasuk pada kategori motivasi belajar sedang dengan persentase sebesar 76%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...