Ability : Journal of Education and Social Analysis
Volume 3 No 3 Juli 2022

Upaya Meningkatkan Literasi Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Melalui Penerapan Model Inquiry Terbimbing

Nur Intan Septiani, Uus Kusdinar (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2022

Abstract

Pembelajaran yang kurang bermakna menyebabkan siswa tidak memahami materi yang dipelajari. Pelaksanaan pembelajaran yang kurang memanfaatkan model pembelajaran menyebabkan pembelajaran monoton. Salah satu yang dapat dilakukan guru adalah menggunakan model pembelajaran yang tepat supaya pembelajaran semakin bermakna. Mengembangkan literasi sains pada diri individu tidak hanya melatih supaya mampu membaca, namun individu juga belajar untuk memahami isi bacaan. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada individu yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik (tidak hanya satu aspek potensi saja). Penelitian ini tertujuan untuk meningkatkan literasi sains dan hasil belajar melalui model pembelajaran inquiry terbimbing. Jenis penelitian ini ada Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Solodiran dengan subjek 26 siswa kelas V. Hasil pra-tindakan siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan sebesar 38,47%. Sedangkan setelah dilaksanakan siklus I siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan sebesar 65,38%. Berdasarkan pelaksanaan pra-tindakan ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 26,91%. Setelah pelaksanaan siklus I dilanjutkan dengan refleksi. Beberapa kekurangan akan dipenuhi pada siklus II. Pada siklus II siswa yang memenuhi kreteria ketuntasan sebesar 73,08%. Berdasarkan pelaksanaan siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 7,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry terbimbing mampu meningkatkan literasi sains dan hasil belajar siswa kelas V.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jesa

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal Ability mengundang para Dosen, sarjana, peneliti, dan mahasiswa untuk menyumbangkan hasil studi dan penelitiannya di bidang yang berkaitan dengan Pendidikan, yang meliputi studi tekstual dan lapangan dengan berbagai perspektif, Manajemen Pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Teknologi ...