Masalah dalam penelitian ini adalah kepercayaan mahasiswa terhadap dosen dalam menyampaikan materi didalam kelas. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 121 orang mahasiswa FEB UMPRI dan sample sebanyak 30 orang mahasiswa FEB UMPRI. Teknik pengambilan sample memakai non probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Uji hipotesa menggnakan uji t, uji F dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kepercayaan mahasiswa hal ini terbukti nilai t hitung sebesar 2,244 > t tabel 2, 00. Komunikasi dosen berpengaruh terhadap kepercayaan mahasiswa hal ini terbukti nilai t hitung sebesar 2,142 > t tabel 2,00. Kepercayaan mahasiswa dipengaruhi secara simultan, oleh kecerdasan emosional dan kemampuan komunikasi dosen. Hal ini terbukti dengan nilai sig 0,00 < 0,05. Berdasarkan perhitungan regresi linier berganda dapat dihasilkan persamaan regresi Y=5,197+0,407X1+0,243X2. Artinya jika X1 0 dan X2 0 nilai Y kepercayaan mahasiswa sebesar 5,197 setiap penambahan satu nilai X1 maka Y akan Bertambah sebesar 0,407 dan jika penambahan satu nilai X2 maka Y akan bertambah sebesar 0,243 Kedua variabel independen mempunyai hubungan positif dengan variabel Y.
Copyrights © 2020