Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)

Penerapan Layanan Konseling Naratif untuk mengurangi Prokrastinasi Siswa Kelas IX pada SMP Negeri 7 Polewali Kec. Binuang Kabupaten Polewali Mandar

Ernawati (IAI DDI Polewali Mandar)
Saifuddin (IAI DDI Polewali Mandar)
Darmawansyah (IAI DDI Polewali Mandar)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan konseling naratif untuk mengurangi prokrastinasi siswa kelas IX di SMP Negeri 7 Polewali Kec. Binuang Kab. Polewali Mandar. Jenis penelitian ini  adalah penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian yaitu kelas IX SMP Negeri 7 Polewali yang berjumlah 61 siswa. Subyek penelitian yang tidak mencapai 100 orang maka penelitian ini dikatakan penelitian populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket prokrastinasi siswa dan pedoman observasi. Reliabilitas angket prokrastinasi siswa  sebesar 0,903 artinya memiliki reliabilitas yang cukup tinggi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis uji T-tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kondisi awal prokrastinasi siswa kelas IX SMP Negeri 7 Polewali  secara individu tergolong sedang. Kondisi ini dibuktikan dari hasil pre-test dengan skor rata-rata prokrastinasi siswa 91,74 dan dikategorisasikan dalam prokrastinasi sedang. (2) Dalam penelitian ini diterapkan layanan konseling naratif yang di lakukan beberapa kali pertemuan dan pengisian lembar angket yang menyebabkan tingkat prokrastinasi siswa kelas IX SMP Negeri 7 Polewali berkurang. Berkurangnya prokrastinasi siswa dibuktikan dari hasil post-test angket prokrastinasi rata-rata sebesar 66,00 dan dikategorisasikan dalam prokrastinasi rendah. Pengurangan prokrastinasi siswa dari post-test ke pre-test yaitu sebesar 25,74 (3) Observasi pada saat pemberian tindakan untuk mengurangi prokrastinasi siswa menunjukkan antusiasme tinggi siswa dalam kegiatan layanan konseling naratif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jitu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim ...