Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)

Strategi Kepala Madrasah Dalam Menegakkan Kedisiplinan di MTsN Situjuh Batur Kabupaten Lima Puluh Kota

Zul Efendi (Akademi Farmasi Dwi Farma Bukit tinggi)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum terlihatnya strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah MTs Negeri Situjuh Batur Kabupaten Lima Puluh Kota dalam menegakkan disiplin dan belum terungkapnya cara penerapan disiplin. Namun MTsN Situjuh Batur menunjukkan peningkatan kinerja dalam 5 tahun terakhir. Hal ini terjadi sejak kepemimpinan MTsN Sutujuh Batur. Dari data yang diperoleh dari berbagai sumber antara lain informasi dari guru, masyarakat termasuk hasil survey dan observasi penulis, bahwa kedisiplinan MTsN Situjuh Batur menunjukkan peningkatan, sehingga jumlah siswa dan prestasi belajar siswa dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi yang digunakan kepala MTsN Situjuh Batur dalam menegakkan disiplin di sekolah, serta untuk mengetahui bagaimana kepala MTsN Situjuh Batur menerapkan disiplin bagi warganya.Berdasarkan permasalahan dan tujuan maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala MTsN Situjuh Batur dalam menegakkan disiplin di MTsN Situjuh Batur sudah memiliki strategi antara lain: Pola strategi, hal ini dibuktikan dengan datang lebih awal kemudian pulang terlambat, kepala sekolah membangun hubungan dengan bawahan termasuk polisi, diadakan pertemuan rutin, memberikan sanksi tegas bagi yang melanggar aturan, dan memberikan reward bagi yang berprestasi. Dari semua strategi di atas kedisiplinan yang selalu diterapkan oleh kepala sekolah adalah datang lebih awal, mengadakan pertemuan rutin, memberikan sanksi tegas bagi yang melanggar aturan, dan memberikan reward bagi yang berprestasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jitu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim ...