Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Direct Instruction Dengan Teknik Fast And True Di SMK Negeri 2 Majene

Mahyuddin (SMK Negeri 2 Majene)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2022

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Direct Instruction dengan Teknik Fast and True Siswa Kelas XI TKJ2 SMK Negeri 2 Majene Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat. Latar belakang penelitian ini dilaksanakan karena pentingnya upaya peningkatan hasil belajar matematika dimana disesuaikan dengan satu metode pengajaran yang efektif dan efisien sesuai dengan karakteristik materi pelajaran serta keadaan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil belajar materi trigonometri melalui penerapan Model Direct Instruction dengan Teknik Fast and True Siswa Kelas XI TKJ2 SMK Negeri 2 Majene.Penelitian ini merupakan peneltian tindakan berbasis kelas yang menyelidiki faktor siswa, guru dan hasil belajar. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Majene pada siswa kelas XI TKJ2, dengan jumlah siswa 33 orang pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Implementasi tindakan terdiri dari dua siklus yang diikuti observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Direct Instruction dengan Teknik Fast and True Siswa Kelas XI TKJ2 SMK Negeri 2 Majene dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tanggapan siswa terhadap pemberian metode pembelajaran ini sangat positif dan hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklus.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jitu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim ...