AbstrakPenduduk Indonesia mayoritas terdiri dari Generasi Millenial. Generasi millennial atau biasa disebut dengan Generasi Y merupakan generasi yang lahir antara 1977-1998. Pandemi covid 19 yang melanda Indoensia menyebabkan perubahan hidup yang signifikan dihadapi oleh masyarakat termasuk Generasi Millenial. Penggunaan internet meningkat, kemudahan berbelanja melalui online juga meningkat dan penggunaan terhadap aplikasi e-commerce tersebut juga meningkat dan cenderung menjadi perilaku konsumtif. Namun disisi lain PHK juga meningkat. Dari tulisan ini dapat di peroleh kesimpulan bahwa perilaku konsumtif generasi millennial melalui E-Commerce di Era Covid 19 karena faktor internal dan faktor eksternal. Dalam perspektif Ekonomi Islam perilaku konsumtif merupakan perilaku yang berlebih-lebihan (israf), pemborosan (tabzir) dan bertentangan dengan konsep maslahah teori konsumsi ekonomi Islam. Dalam teori ekonomi Islam seorang Muslim itu dituntut untuk produktif bukan konsumtif jika ingin meningkatkan perekonomian. Keyword: Ekonomi Islam, Perilaku Konsumtif, Generasi Millenial, Covid-19
Copyrights © 2022