Jurnal Aghniya
Vol 5, No 1 (2022)

PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MELALUI E-COMMERCE PADA GENERASI MILLENIAL DI ERA COVID 19

Herlina Yustati (UIN Fatmawati Sukarno)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2022

Abstract

AbstrakPenduduk Indonesia mayoritas terdiri dari Generasi Millenial. Generasi millennial atau biasa disebut dengan Generasi Y merupakan generasi yang lahir antara 1977-1998. Pandemi covid 19 yang melanda Indoensia menyebabkan perubahan hidup yang signifikan dihadapi oleh masyarakat termasuk Generasi Millenial. Penggunaan internet meningkat, kemudahan berbelanja melalui online juga meningkat dan penggunaan terhadap aplikasi e-commerce tersebut juga meningkat dan cenderung menjadi perilaku konsumtif. Namun disisi lain PHK juga meningkat. Dari tulisan ini dapat di peroleh kesimpulan bahwa perilaku konsumtif generasi millennial melalui E-Commerce di Era Covid 19 karena faktor internal dan faktor eksternal. Dalam perspektif Ekonomi Islam perilaku konsumtif merupakan perilaku yang berlebih-lebihan (israf), pemborosan (tabzir) dan bertentangan dengan konsep maslahah teori konsumsi ekonomi Islam. Dalam teori ekonomi Islam seorang Muslim itu dituntut untuk produktif bukan konsumtif jika ingin meningkatkan perekonomian. Keyword: Ekonomi Islam, Perilaku Konsumtif, Generasi Millenial, Covid-19

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

aghniya

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JURNAL AGHNIYA : is a scientific publication media that contains Islamic sciences to support the development of Islamic knowledge. This journal is published two times a year in July and January by STIES NU Bengkulu. This journal encompasses original research articles, review articles, and short ...