Jurnal Komunikasi dan Media
Vol 2, No 2: Mei 2022

Pengaruh Penggunaan Instagram @Kemenparekraf.ri terhadap Tingkat Pemahaman Isi Pesan dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi di Masa Pandemi Covid-19

Sofian Sofian (Universitas Mercu Buana)
Elly Yuliawati (Universitas Mercu Buana)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2022

Abstract

Instagram merupakan salah satu media sosial populer dan mempunyai banyak pengguna saat ini terutama di masa pandemi COVID-19. Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menggunakan akun Instagramnya @Kemenparekraf.ri untuk menyampaikan informasi terkait perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif bagi pengikutnya di masa pandemi COVID-19 ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan Instagram @Kemenparekraf.ri oleh para pengikutnya terhadap pemahaman isi pesan dan pemenuhan kebutuhan informasi mereka di masa pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpul melalui kuisioner secara daring dengan jumlah responden 400 orang pengikut akun instagram @Kemenparekraf.ri yang telah memenuhi kriteria penelitian ini. Teknik sampling yang digunakan adalah metode purposive sampling. Peneliti menggunakan SPSS versi 25 untuk melakukan analisa regresi linear sederhana pada data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memberikan respon yang baik terhadap penggunaan Instagram @Kemenparekraf.ri yang menjelaskan adanya pengaruh positif dan signifikan serta mempunyai hubungan kuat antara variabel penggunaan Instagram dengan pemahaman isi pesan dan pemenuhan kebutuhan informasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkm

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Artikel yang diterbitkan adalah artikel hasil penelitian, baik penelitian lapangan, analisis teks, maupun studi literatur. Topik artikel yang difokuskan dalam jurnal ini adalah komunikasi strategis, komunikasi publik, kajian media dan budaya, jurnalisme, dan teknologi komunikasi dan ...