Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol 6, No 1 (2022): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Analisis Isi Buku Bahasa Arab Siswi Kelas XI Madrasah Aliyah Muallimat Aisiyah Cabang Makassar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara

Siti Anisa Rumfot (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Sudir Koadhi (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Muhammad Ibrahim (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis Isi Buku Bahasa Arab terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswi kelas XI Madrasah Aliyah Aisiyah Cabang Makassar. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan yaitu Teknik Obsevasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjkkan bahwa buku ajar tersebut memenuhi kriteria buku ajar yang baik dari segi materi, yaitu sesuai dengan landasan keilmuan yang meliputi : keakuratan materi, cakupan materi, dan pendukung materi. Berdasarkan dari segi seleksi, graditasi, presentasi, buku tersebut memenuhi kriteria buku yang baik. Kemudian kemampuan berbicara siswi yang bisa dikatakan sangat meningkat karena antusias siswa saat mata pelajaran bahasa Arab, dengan bantuan materi yang terperinci serta cara mengajar guru didalam kelas yang membuat siswa semangat dan senang mempelajari bahasa Arab baik secara langsung maupun daring (dalam jaringan) sehingga bisa dikatakan kemampuan berbicara siswi meningkat dalam mata pelajaran bahasa Arab dengan buku ajar yang digunakan sekarang.Kata Kunci: Analisis Isi Buku Dan Kemampuan Berbicara

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-maraji

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Al-Marãji’ p-ISSN: 2579-8863 e-ISSN: 2656-6958 adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal ini dikhususkan pada kajian Pendidikan bahasa Arab baik teori maupun praktek. Jurnal Al-Marãji’ terbit dua kali ...