Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat
Vol. 9 No. 1 (2022): Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat

Pelatihan Pengecatan Spray Gun Bagi Remaja Karang Taruna Temas Kota Batu

Mira Esculenta Martawati (Program Studi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang)
Arif Rochman Fachrudin (Program Studi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang)
Fina Andika Frida Astuti (Program Studi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang)
Ahmad Hanif (Program Studi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang)
Agus Dani (Program Studi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Karang Taruna Kelurahan Temas Kota Batu beranggotakan beberapa pemuda yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Permasalahan yang dihadapi Karang Taruna ini adalah banyak para pemuda Karang Taruna yang belum bekerja dan korban PHK akibat pandemi. Melihat hal tersebut, diperlukan kegiatan positif dalam rangka mengembangkan kemampuan pengetahuan maupun ketrampilan remaja karang taruna dalam rangka peningkatan kewirausahaan. Salah satu kegiatan yang dilakukan sebagai solusi permasalahan adalah pelatihan pengecatan rak bunga dengan menggunakan spray gun. Pengecatan dengan menggunakan spray gun adalah merupakan metode pengecatan yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu kompresor udara bertekanan. Metode pengecatan ini memberikan hasil yang lebih bagus dibandingkan dengan hasil pengecatan menggunakan kuas. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan remaja karang taruna secara umum, menambah ketrampilan khusus berupa pengecatan rak bunga, meningkatkan kewirausahaan dan memberikan dorongan serta bantuan sehingga karang taruna mampu melakukan pengecatan rak bunga dengan kualitas yang lebih baik. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukan adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan pada bidang pengecatan yang dapat digunakan sebagai peningkatan ketrampilan berwirausaha dan dapat digunakan pada kegiatan bermasyarakat serta untuk kegiatan individu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Humanities

Description

Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat (JPPKM) merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang ditertbitkan dan dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P2M) Politeknik Negeri Malang. JPPKM diharapakan mampu menjadi media komunikasi dan sosialisasi ...