Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan kooperatif tipe TAI berbasis realistik dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi lingkaran. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Praya tahun pelajaran 2020/2021. Keefektifan dinilai dengan melakukan analisis keaktifan siswa, analisis motivasi siswa, analisis hasil belajar siswa baik uji banding dan uji pengaruh. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan kooperatif tipe TAI berbasis realistik efektif dalam pembelajaran matematika khususnya dalam pembelajaran materi lingkaran dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dikarenakan: (1) hasil belajar siswa dengan pendekatan kooperatif tipe TAI berbasis realistik mencapai ketuntasan dengan rata-rata sebesar 96,52 melebihi KKM yaitu 70 dan persentase siswa yang tuntas mencapai 91,67%, sedangkan siswa dengan pembelajaran konvensional mencapai ketuntasan dengan rata-rata sebesar 80,00 melebihi KKM yaitu 70 dan persentase siswa yang tuntas mencapai 80%; (2) rata-rata tes hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan kooperatif tipe TAI berbasis Realistik lebih tinggi dari pada rata-rata nilai tes hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional; (3) aktivitas dan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran berpengaruh positif terhadap tes hasil belajar siswa.
Copyrights © 2022