Pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah ini bertujuan untukmeningkatkan kemampuan guru dalam menyusun artikel ilmiah. Hal ini didasarkan pentingnya kemampuan ini bagi guru dalam pengembangan kompetensi profesionalisme. Penerapan FGD ini meliputi kegiatan bimbingan kepada guru SMPN 8 Bathin Solapan pada tahun 2021. Kegiatan ini bertujuan agar guru mampu menyusun artikel ilmiah. Kegiatan bimbingan ini dilaksanakan oleh penulis sebagai kepala SMPN 8 Bathin Solapan. Kegiatan pembimbingan ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana ada 19 guru yang ada terdiri dari 10 PNS dan 9 guru kontrak daerah dan kontrak sekolah. Yang menjadi sasaran kegiatan ini adalah guru PNS. Ada lima aspek penilaian yang menjadi kriteria keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini, meliputi: pmilihan tema, pendahuluan, pembahasan, Penyusunan kalimat dalam artikel, dan penyipulan dari artikel yang disusun. Ada peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah guru yang ditunjukkan pada siklus 2. Penulis juga memandang perlu melaksanakan kegiatan ini karena artikel ilmiah menjadi salah satu prasyarat kenaikan pangkat an golongan PNS, sehingga guru yang akan naik pangkat data menyusun sendiri artikel ilmiah tanpa memanfaatkan jasa orang lain atau pihak ketiga. Selain itu meskipun guru bertatus kontrak daerah atau kontrak sekolah, mereka juga perlu senantiasa mengembangkan profesionalisme sebagai pendidik.
Copyrights © 2022