Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif

PENERAPAN STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE ( QSH) DALAM PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IXB SMP NEGERI 5 BANTAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Gumanti (Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Bantan)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Matematika adalah ilmu yang penting dan banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu diharapkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika memuaskan. Namun, kenyataannya berdasarkan hasil observasi dan wawancara, hasil belajar matematika siswa rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah siswa pasif bertanya, sehingga guru tidak mengetahui letak kesulitan siswa. Oleh karena itu, peneliti menerapkan sebuah strategi yang dapat membuat siswa aktif bertanya, baik lisan maupun tulisan yaitu Strategi Questions Students Have (QSH) dalam Pembelajaran Langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IXB SMP Negeri 5 Bantan tahun pelajaran 2019/2020. Setelah diterapkan strategi ini, keaktifan siswa meningkat, guru mengetahui letak kesulitan siswa terhadap materi pelajaran, sehingga dapat mengulang memberi pemahaman kepada siswa. Hal ini bermuara pada meningkatnya hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini merupakan media terbitan online yang mendiseminasikan karya ilmiah para pendidik, kepala sekolah, dosen, dan masyarakat umum yang peduli dengan dunia pendidikan. Jurnal ini menerima dan hanya mempublikasikan karya ilmiah yang belum pernah dipublikasikan tentang penelitian literatur dan ...