Matematika adalah ilmu yang penting dan banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu diharapkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika memuaskan. Namun, kenyataannya berdasarkan hasil observasi dan wawancara, hasil belajar matematika siswa rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah siswa pasif bertanya, sehingga guru tidak mengetahui letak kesulitan siswa. Oleh karena itu, peneliti menerapkan sebuah strategi yang dapat membuat siswa aktif bertanya, baik lisan maupun tulisan yaitu Strategi Questions Students Have (QSH) dalam Pembelajaran Langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IXB SMP Negeri 5 Bantan tahun pelajaran 2019/2020. Setelah diterapkan strategi ini, keaktifan siswa meningkat, guru mengetahui letak kesulitan siswa terhadap materi pelajaran, sehingga dapat mengulang memberi pemahaman kepada siswa. Hal ini bermuara pada meningkatnya hasil belajar siswa.
Copyrights © 2022