Education Enthusiast : Jurnal Pendidikan dan Keguruan
Vol 1, No 3 (2021): Desember 2021

PENGARUH KINERJA GURU MATA PELAJARAN IPS TERPADU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Maisura Maisura (Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jabal Ghafur)
Eka Agustina (Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jabal Ghafur)
Fatrahil Nura (Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jabal Ghafur)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Maju mundurnya suatu bangsa sangat tergantung pada berhasil tidaknya usaha Pendidikan dalam menggali potensi insani sebagai modal dasar mencapai kemajuan dan derajat yang didasari iman dan takwa. Pendidikan adalah unsur sadar dan terencana yang dilakukan seseorang untuk mencapai prestasi yang baik. Prestasi belajar merupakan tolak ukur kemampuan siswa setelah melakukan kegiatan belajar selama periode tertentu, dimana hasilnya bisa bagus atau tidak bagus. Sehingga judul Pada Penelitian ini adalah “Pengaruh Kinerja Guru Mata Pelajaran IPS Terpadu Terhadap Prestasi Siswa (studi Penelitian di SMP Negeri 1 Indrajaya)”. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kinerja guru mata pelajaran IPS terpadu terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Indrajaya. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Indrajaya. Teknik pengambilan sampel dengan cara acak sederhana (simple random sampling). Sampelnya dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala likert. Analisis data mengunakan uji korelasi untuk melihat pengaruh variable x terhadap variabel y, dimana variabel x adalah kinerja guru dan variabel y adalah prestasi belajar siswa. Uji T untuk melihat signifikansi antara variabel x dan y. Berdasarkan perbandingan antara r hitung dengan r tabel pada tabel nilai product momentn diperoleh hasil bahwa r hitungrtabel baik taraf signifikansi 5% yaitu (0,4110,361), dan nilai t hitung t tabel yaitu 2,5691,701, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian (Ha) diterima. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja guru mata pelajaran IPS terpadu terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Indrajaya. Artinya semakin baik kinerja seorang guru maka semakin baik pula prestasi belajar yang diraih siswa. Sebaliknya semakin buruk kinerja seorang guru maka akan semakin buruk prestasi belajar yang diraih siswa.Kata Kunci : Kinerja Guru, Prestasi Belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan dan Keguruan (ISSN 2774-9916, eISSN 2745-603X) is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. The journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on ...