Education Enthusiast : Jurnal Pendidikan dan Keguruan
Vol 1, No 3 (2021): Desember 2021

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP KECAMATAN PIDIE

Darmi Darmi (Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jabal Ghafur)
Maisura Maisura (Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jabal Ghafur)
Zakaria H.M Yusuf (Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jabal Ghafur)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Koperatif TipeSnowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Kecamatan Pidie.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Kecamatan Pidie, mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing di SMP Kecamatan Pidie dan untukmengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Kecamatan Pidie.Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) (Classroom Active Research) (CAR). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Kecamatan Pidie, yang terdiri dari SMP N 4 Sigli, SMP N 2 Pidie, SMP N 2 Sigli dan SMP Unggul Sigli dengan jumlah 122 siswa.Karena total populasi berasal dari 4SMP dengan masing-masing SMP berbeda jumlah populasinya, maka penghitungan sampel dengan bantuan rumus alokasi proportional dan diperoleh besaran sampel dalam peelitian ini sebanyak 93 siswa di SMP Kecamatan Pidie. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalahteknik tes, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan.Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara bertahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Kecamatan Pidie. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan belajar dari prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III.Disarankan bagi guruuntuk dapat menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwingdalam pokok-pokok bahasan tertentu yang disesuaikan dengan tujuan pengajaran.Kata Kunci : Model Pembelajaran Snowball Throwing, hasil belajar dan ilmu pengetahuan sosial.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan dan Keguruan (ISSN 2774-9916, eISSN 2745-603X) is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. The journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on ...