Education Enthusiast : Jurnal Pendidikan dan Keguruan
Vol 1, No 3 (2021): Desember 2021

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR

Nada Fauzia (Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jabal Ghafur)
Eka Agustina (Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jabal Ghafur)
Maisura Maisura (Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jabal Ghafur)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Padang Tiji, mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaranekonomi kelas X SMA Negeri 1 padang Tiji dan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Padang Tiji. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi di SMA Negeri 1 Padang Tiji kelas X sebanyak 120 siswa. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes yaitu tes akhir (post-test). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik uji-t. Dari hasil analisis statistik dengan menggunakan uji-t dapat diketahui bahwa nilai thitung menunjukkan perbedaan yang signifikan (dimana thitung ttabel) yaitu 2,01 1,67, sehingga dari kriteria pengujiannya Ha diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Gallery Walk terhadap hasil belajar siswa pada Pelajaran Ekonomi kelas X SMA N 1 Padang Tiji. Disarankan bagi pihak sekolah, diharapkan berperan aktif dalam membina guru-guru atau pendidik untuk lebih memberikan variasi lagi dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa tidak hanya monoton pada suatu keadaan dan kondisi pembelajaran semata.Kata Kunci : Model Pembelajaran Gallery Walk, hasil belajar dan pelajaran ekonomi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan dan Keguruan (ISSN 2774-9916, eISSN 2745-603X) is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. The journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on ...