Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi, dan Bisnis
Vol 11, No 1 (2022): KOMPLEKSITAS EDISI JUNI 2022

ANALISIS PENGARUH KEBUTUHAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DENGAN SATISFICING MODEL (STUDI KASUS ORANG TUA ANAK SEKOLAH DASAR)

Fitri Sya’bandyah (Universitas Sangga Buana YPKP)
Farida Yuliaty (Universitas Sangga Buana YPKP)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Information technology has been developing rapidly and affected every aspect of human life boundlessly directly or indirectly. One of them is computer technology and telecommunication devices and any other eligible information media that are capable of assisting in knowledge learning activity based on information technology, input technology, processing technology, output technology, software technology, and storage technology. This research is purposed to discover how immense the knowledge of technology and how the role of parents in the usage of information technology to obtain information and the communication that is required in knowledge delivery and the learning interest of children. The usage caused a positive impact in delivering the learning process that provided comprehensive concepts of information technology by using media resulting from print technology, audio-visual technology, computer-based technology, and mixed media that support the application to parents to improve the good communication capability towards the children by using satisficing models. The result that was obtained such as 71,67 strongly agreed and 28.33 agreed with using information technology also supporting comprehensive, communication capability, controlling and optimizing the learning process for elementary school children.Teknologi informasi berkembang sangat pesat saat ini membuat hampir tidak ada bidang kehidupan manusia yang bebas dari pengguaanya baik secara langsung maupun tidak langsung, salah satunya dengan teknologi komputer perangkat serta alat telekomunikasi dan media informasi lainya yang mumpuni dalam membantu kegiatan pembelajaran ilmu pengetahuan dengan di dasari oleh teknologi informasi, teknologi masukan, teknologi proses, teknologi keluaran, teknologi perangkat lunak, dan teknologi penyimpanan. Tujuan penelitian ini adalah mengukur seberapa besar penggunaan teknologi dengan ilmu pengetahuan dan bagaimana peranan orang tua dalam penggunaan teknologi informasi untuk menggali informasi dan komunikasi yang dibutuhkan dalam penyampaian materi serta minat belajar terhadap anak-anak. Penggunaannya  memiliki dampak positf di dalam menyampaikan proses pembelajaran yang dapat memberikan pemahaman terhadap konsep-konsep dari penggunaan teknologi informasi yakni dengan cara mengunakan media hasil teknologi cetak, media hasil tekologi audio-visual, media hasil berbasis komputer dan media hasil gabungan yang dapat membantu pengaplikasiannya bagi para orang tua dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan baik terhadap anak-anaknya dengan menggunakan menggunakan satisficing models. Hasil yang di dapat adalah 71,67 sangat setuju dan 28,33 setuju dalam pengguanan teknologi informasi serta membantu mempermudah pemahaman, penyampaian komunikasi, mengontrol dan mengoptimalkan cara belajar bagi para anak-anak Sekolah Dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kompleksitas

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal KOMPLEKSITAS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM ITB Swadharma. Jurnal ini berisi karya ilmiah dengan bidang kajian penelitian meliputi: Manajemen SDM, Manajemen Keuangan, Manajemen Strategis, Manajemen Operasi, Manajemen Perubahan, Manajemen Pengetahuan, Perilaku Organisasi, ...