Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 1 No. 7 (2022): Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia

Mendidik Anak di Era Digitalisasi Melalui Pengembangan IQ Tanpa Mengesampingkan EQ : Mendidik Anak Di Era Digital

Mohamad Miftah (mohamadmiftah@asn.jatengprov.go.id)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

Setiap anak pada dasarnya memiliki kecerdasan yang berbeda - beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan manusia tidak hanya meliputi kecerdasan intelektual belaka. Kecerdasan anak bisa jadi termasuk dalam Multiple Intelligence. Dalam hal kecerdasan anak IQ bukan merupakan harga mati untuk kecerdasan sang buah hati. IQ bukan segalanya manakala tanpa diimbangi dengan EQ. Hidup seorang anak tidak sepenuhnya bergantung pada IQ, tanpa EQ akan menjadikan seorang anak menjadi kuper, minder atau lemah mental ketika berinteraksi dengan orang banyak. Kita sebagai orang tua harus peka dan selektif terhadap segala hal yang ada atau terjadi pada diri buah hati. Dan sebagai orang tua, perlu kita sadari jika si anak cukup cerdas emosinya, maka kemungkinan ia untuk hidup bahagia dan sukses akan terus meningkat. Artikel ditulis dengan tujuan sebagai tukar pikiran dan sekaligus memberikan sumbangan pemikiran bagi dunia pendidikan anak, dengan harapan semoga menjadi pencerahan dalam mendidik anak dan mengembangkan IQ tanpa mengesampingkan EQ anak agar selalu berupaya maju, kreatif, mandiri, dan berjiwa membangun.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

humantech

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (E-ISSN : 2809-1612, P-ISSN : 2809-1620) adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, ...