Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 1 No. 8 (2022): Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia

PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDOENSIA SISWA MTS MADRASAH AL – HIKMAH KELURAHAN PABATU KECAMATAN PADANG HULU

Ardina Khoirunnisa Hasibuan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Azzahra Natasya (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Edi Syahputra (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode diskusi menggunakan aplikasi zoom dapat berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia di MTS Madrasah Al-Hikmah Kelurahan Pabatu,Kecamatan Padang Hulu. Zoom adalah tempat untuk belajar tatap muka online dalam bentuk perangkat lunak atau aplikasi (Vhalery et al., 2021). Sejalan dengan itu (Pakpahan & Fitriani, 2020) menyatakan Zoom adalah video yang menggunakan aplikasi komunikasi gratis atau berbayar siapa yang bisa berbagi layar. . Populasi dalam penelitian ini adalah partisipan siswa kelas VII MTS Madrasah Al-Hikmah Kleurahan Pabatu, dengan jumlah kelas sebanyak 1 dan jumlah siswa adalah 35 siswa. Berdasarkan table diatas berate bahwa penerapan metode diskusi menggunakan aplikasi zoom cukup berhasil karena berdasarkan analisis hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas control berada pada kategori baik dan sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

humantech

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (E-ISSN : 2809-1612, P-ISSN : 2809-1620) adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, ...