Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 1 No. 8 (2022): Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI MATERI IDE POKOK (ADEK) UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Febriani Angga Wardani (Universitas Islam Balitar)
Sripit Widiastuti (Universitas Islam Balitar)
Adin Fauzi (Universitas Islam Balitar)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk multimedia interaktif berbasi animasi yang layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia pada meteri menentukan ide pokok paragraf untuk siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and development menurut Sugiyono yang dibatasi sampai tujuh tahap. Tujuh tahap tersebut meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Hasil penelitian dan pengembangan multimedia interaktif berbasi animasi materi ide pokok paragraf ADEK untuk siswa Sekolah Dasar telah selesai dikembangkan sesuai dengan prosedur menurut Sugiyono yang dibatasi tujuh tahap. Multimedia interaktif beerbasis ADEK telah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran ide pokok paragraf untuk siswa Sekolah Dasar. Pada tahap validasi ahli materi diperoleh hasil sebesar 92,2% (sangat layak) tahap valiadasi ahli bahasa diperoleh hasil sebesar 85, 5% (layak) dan pada tahap valiadasi ahli media dan multimedia pembelajaran diperoleh hasil penilaian 96% (sangat layak) dan hasil uji coba keterbacaan guru sebesar 96% (sangat layak). Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis animasi ADEK dapat dikategorikan layak dari penilaian ahli dan sangat layak dari hasil keterbacaan guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

humantech

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (E-ISSN : 2809-1612, P-ISSN : 2809-1620) adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, ...