Indonesian Journal of Networking and Security - IJNS
Vol 11, No 2 (2022): IJNS Juni 2022

EVALUASI KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN E-KTP MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS)

Adelia Alvi Yana - Universitas Nusa Mandiri (Unknown)
Astrilyana - Universitas Bina Sarana Informatika (Unknown)
Tri Santoso - Universitas Nusa Mandiri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Abstract - Electronic Identity Card or commonly abbreviated as e-KTP is one of the identities of each person, the function of this e-KTP is as identity identity. At the sub-district office, the service for making e-KTP is still not implemented effectively, because there are many residents who want to make e-KTP but the tools used such as data recorders are inadequate, so residents have difficulty and have to make it at the district level. not in the sub-district, and many residents have to come repeatedly to the sub-district office but are not served because employees are not in place, so the making of e-KTP is slow and even many local residents are old enough but don't have an ID card. Analysis of the data used in writing this thesis is quantitative data analysis in the form of data from respondents at the sub-district office, namely the sub-district office staff and the local community who make e-ID cards using the AHP (Analytical Hierarchy Process) method. The method used in this study uses the analytical hierarchy process (AHP) method, AHP is the main object of a decision support system that provides suggestions for application specified criteria. Keywords: EKTP, Service Quality, AHP Abstraksi - Kartu Tanda Penduduk elektronik atau biasa disingkat dengan E-KTP adalah salah satu identitas setiap orang, fungsi dari E-KTP ini sebagai identitas jati diri. Pada kantor Kecamatan, pelayanan pembuatan E-KTP masih belum dilaksanakan dengan efektif, di karenakan dimana banyak penduduk yang ingin melakukan pembuatan E-KTP akan tetapi alat yang di gunakan seperti perekam data yang kurang memadai, sehingga para penduduk kesulitan dan harus membuat di tingkat Kabupaten bukan di Kecamatan, dan banyak penduduk yang harus datang berulang kali pada Kantor Kecamatan namun tidak di layani di karenakan karyawan yang tidak berada di tempat, sehingga pembuatan E-KTP lambat bahkan banyak penduduk setempat yang sudah cukup umur akan tetapi tidak memiliki KTP. analisis data yang digunakan dalam penulisan skripsi ini analisis data kuantitatif berupa data dari responden pada Kantor kecamatan yaitu para Staff pegawai Kantor Camat beserta masyarakat setempat yang melakukan pembuatan e-ktp dengan menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP), AHP adalah Objek utama sistem pendukung keputusan yang memberikan saran-saran kepada pengguna aplikasi sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Kata Kunci: E-KTP, Kualitas Pelayanan, AHP

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijns

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Indonesian Journal of Networking and Security (IJNS) adalah majalah ilmiah yang digunakan untuk mempublikasikan riset yang berkenaan dengan Jaringan, Mobile Programming, Keamanan Sistem untuk guru, dosen, praktisi atau siapapun yang melakukan riset agar bisa dipublikasikan dan dimanfaatkan hasilnya ...