Indo-MathEdu Intellectuals Journal
Vol. 3 No. 1 (2022): Indo-MathEdu Intellectuals Journal

Analysis of Learning Obstacle on Circle Material at SMPS Nasional Amanah Bangsa

Rahma Maliana (Unknown)
Hafsah Adha Diana (Universitas Media Nusantara Citra)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis learning obstacle yang dialami oleh siswa SMPS Nasional Amanah Bangsa pada materi lingkaran. Jenis learning obstacle yang diidentifikasi yaitu epistimological obstacle, ontogenic obstacle, dan didactic obstacle. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Sampel penelitian yaitu 3 orang siswa kelas IX yang sudah mempelajari lingkaran dengan kategori kemampuan rendah, sedang, dan tinggi. Sampel penelitian dipilih berdasarkan pengkategorian kemampuan siswa berdasarkan hasil PAS dan rekomendasi guru mata pelajaran. Instrumen penelitian yaitu tes tertulis learning obstacle, wawancara siswa, wawancara guru, analisis bahan ajar, dan analisis RPP. Hasil penelitian diperoleh siswa mengalami epistimological obstacle, ontogenic obstacle, dan didactic obstacle pada materi lingkaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imeij

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indo-MathEdu Intellectuals Journal is a fully refereed (double-blind peer review) and an open-access online journal for academics, researchers, graduate students, early-career researchers and students, published by Lembaga Intelektual Muda (LIM) Maluku. IMEIJ is a periodical publication (two times a ...