Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia (UMKM) cukup pesat selama beberapa tahun terakhir. Pentingnya UMKM ini membawa manfaat bagi pendapatan masyarakat sekitar, selain itu juga mampu menumbuhkan kreativitas bagi warga masyarakat setempat dan dapat mengurangi tingkat pengangguran. Ditengah-tengah potensi yang dimiliki oleh tiap UMKM, namun masih ada saja masalah UMKM di Indonesia yang belum teratasi secara maksimal. Terutama UMKM yang berada di Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya yang kebanyakan masyarakatnya masih gagap teknologi, hal ini membuat pelaku UMKM tidak mengalami kemajuan sehingga kurang menjangkau pemasaran digital. Membawa potensi yang ada, kami melakukan program Pendampingan Usaha Berbasis Pasar Digital di Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya. Kami menggunakan beberapa metode diantaranya yakni wawancara dan observasi. Metode tersebut digunakan sebagai pemetaan dengan memprioritaskan masalah terlebih dahulu, pengumpulan data dan informasi, pemilihan solusi yang tepat bagi UMKM terpilih, serta pelaksanaan pendampingan. Kegiatan yang akan dilaksanakan ini bertujuan untuk mewujudkan UMKM yang maju berbasis ekonomi digital, mengembangkan pangsa pasar dengan luas dan memiliki prospek usaha yang tinggi, mengikuti tren masyarakat, terakhir menciptakan nilai tambah pada produk yang dijual serta pengembangan aspek pemasaran produk berbasis digital. Hal itu dapat dimulai dengan memanfaatkan e- commerce sebagai platform yang tepat untuk menjual dan memasarkan produk kepada konsumen yang berada di wilayah yang lebih luas. Dengan dilakukannya pendampingan usaha melalui jejaring pasar digital diharapkan para UMKM berkembang bisnisnya hingga kedepannya nanti.
Copyrights © 2022