KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 2 No 2 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

SEMINAR DAN PELATIHAN DIGITALISASI SEBAGAI PENDORONG PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KELURAHAN DARMO SURABAYA

Thorik Khaikal Fajry (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Herman Saputro (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Indiari Afnawati (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Annisa Gusri Salsabila (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Syalomita Nadia Putri (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Kamala Nailil Muna (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2022

Abstract

Sebagian besar UMKM di Kelurahan Darmo, Kota Surabaya memiliki berbagai kendala dalam menjaga eksistensi dan ketahanan usaha mereka menghadapi persaingan dan perubahan model pasar yang semula mengandalkan transaksi fisik menjadi transaksi melalui pasar digital berbasis online dengan memanfaatkan e-commerce. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti tingkat pendidikan dan kualitas sdm yang rendah, tingkat melek teknologi yang minim, serta kondisi ekonomi yang menyulitkan pengembangan usaha. Seminar dan pelatihan yang diadakan oleh mahasiswa KKN Kelompok 12 UPNVJT bertujuan agar para pelaku UMKM mempelajari konsep digital marketing dan komunikasi online. Pasar digital memudahkan pelaku UMKM untuk memberikan informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen tanpa batasan jarak dan waktu. Metode yang digunakan adalah qualitative research for public relations and marketing communications atau riset kualitatif dalam area hubungan masyarakat dan komunikasi pemasaran yang dicetuskan oleh Daymon dan Holloway (2011), metode ini dirumuskan berdasarkan fakta dilapangan dan digabungkan dengan menggunakan teori pendukung untuk menjelaskan hubungan masyarakat dengan berlandaskan sebab-akibat sehingga ditemukan solusi untuk mengidentifikasi kelemahan, memperbaiki, dan meningkatkan pemahaman pelaku UMKM dalam menjalankan komunikasi pasar. Program kerja yang terbagi kedalam 2 kegiatan yang berbeda yakni seminar dengan mengangkat tema strategi pengembangan usaha melalui pasar digital dan dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan sebagai implementasi secara langsung dengan dilakukan pendampingan untuk mendaftarkan beberapa UMKM kedalam platform e-commerce dengan melatih mereka untuk membuat akun google, manajemen media sosial, mengajarkan tips dan trik foto produk, dan mendaftarkan diri ke akun Shopee. Program kerja seminar dan pelatihan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan memberikan inspirasi serta motivasi kepada para pelaku UMKM yang berada di Kelurahan Darmo maupun masyarakat disekitarnya untuk memanfaatkan peluang bisnis di platform jual-beli online, untuk memasarkan dan menjual produknya melalui platform jual-beli online tersebut sehingga dapat memperluas segmen pasar dan survabilitas produk.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KARYA_JPM

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health

Description

KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian kepada masyarakat pada multidisiplin penerapan iptek baik yang berbentuk ...