IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang membekali peserta didik dengan wawasan dan keterampilan untuk mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model konseptual pembelajaran IPS yang berorientasi penguatan pendidikan karakter di era 4.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui kajian pustaka yaitu melakukan proses penelaahan secara kritis terhadap pustaka-pustaka yang relevan dengan konsep dasar dan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelaahan secara kritis diperoleh gambaran bahwa pembelajaran IPS harus dapat dirancang secara lebih efektif yaitu melalui tahapan sebagai berikut: (1) tahap pemberian tugas lapangan sebagai upaya membentuk kepekaan sosial, tanggung jawab dan learning by doing; (2) tahap analisis tugas lapangan sebagai bentuk aktivitas membangun makna, kejujuran dan berpikir kritis dalam belajar; (3) tahap berbagi pengetahuan sebagai upaya membentuk tanggung jawab, kepedulian sosial, tolong menolong, dan upaya memperkuat pemahaman peserta didik terhadap materi; dan (4) tahap kerjasama timsebagai upaya untuk membangun kesetaraan dalam belajar, saling menghargai, dan tanggung jawab individu dalam kelompok. Melalui empat tahapan tersebut, maka proses pembelajaran IPS dapat mendorong terjadinya penguatan pendidikan karakter
Copyrights © 2022