Ulil Albab
Vol. 1 No. 6: Mei 2022

Analisis Potensi Sektor Ekonomi Kabupaten Kediri Dan Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur

Audrelisa Hesanova Aisyah Putri (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Niniek Imaningsih (Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
21 May 2022

Abstract

Setiap daerah tentu mempunyai potensi ekonomi yang tidak sama dengan daerah yang lain. Masing-masing daerah cenderung mempunyai sektor-sektor perekonomian unggulan yang berbeda dengan daerah yang lain. Oleh karena itu model perencanaan ekonomi regional yang praktis dan mudah untuk dilaksanakan bagi daerah akan membantu untuk mendorong kemandirian dan pengoptimalan potensi yang dimiliki oleh daerah dalam melaksanakan pembangunan di wilayahnya. Keberhasilan pembangunan nasional sangat bergantung pada keberhasilan pembangunan daerah. Daerah dituntut untuk selalu meningkatkan kemampuannya dalam pengelolaan potensi daerahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sektor-sektor ekonomi yang potensial, berdaya saing kompetitif, komparatif maupun spesialisasi, untuk kemudian digunakan sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah Kabupaten Kediri dan Kabupaten Blitar. Analisis penelitian ini adalah penelitian diskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data skunder dan time series dan data yang digunakan adalah data tahun 2018-2020. Menggunakan alat analisis Location Quotient (LQ), Shift Share.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Public Health Social Sciences Other

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, Seni, Pertanian, ...