Keperluan masyarakat sangat bervariasi, hal tersebut tidak dapat berjalan apabila tidak ada tenaga listrik. Mengacu pada keperluan masyarakan terhadap tenaga listrik yang setiap masa meningkat dibentuklah sebuah BUMN yang bergerak dalam bidang penanganan jasa kelistrikan yaitu PT. PLN (Persero). Pelanggan PT. PLN (Persero) UP3 Gorontalo sebanyak 315.836 yang telah dialiri listrik. Pada bulan Januari 2020, terdapat 429 gangguan yang merupakan gangguan terbanyak di tahun 2020 yaitu dengan persentase 37,40. Pemanfaatan sistem AMR telah dipakai secara luas termasuk oleh PT. PLN (Persero) UP3 Gorontalo. Pemanfaatan AMR tersebut sangat berkaitan dengan masalah dalam pengoperasian sistem yang dimiliki perusahaan. Berdasarkan hasil rekapitulasi data gangguan bulan Januari sampai Juni 2020, didapatkan 12 gangguan pada KWH meter dengan total keseluruhan gangguan 14 jenis gangguan. Dari hasil analisa didapat beberapa penyebab terjadinya gangguan,yaitu KWH meter terjatuh, korsleting listrik, kabel longgar, pemakaian KWH melebihi batas, operator keliru dalam memasang alat, kelelahan dalam bekerja, operator melakukan lembur, penyambungan kabel tidak sesuai SOP. Faktor yang menjadi akar masalah terjadinya gangguan KWH meter yaitu pemasangan atau proses kerja tidak sesuai SOP dan porsi kerja karyawan. Maka solusi yang di ambil adalah melakukan pengawasan, melakukan penyuluhan tentang SOP kerja, melakukan analisis beban kerja dan pemeliharaan terhadap KWH Meter, agar meminimasi terjadinya gangguan listrik lainnya.
Copyrights © 2022