DIVAGATRA - Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain
Vol 2 No 1 (2022): DIVAGATRA #03

Analisis Visual Pada Poster Promosi Film Trilogi Batman

Aldy Muhamad Ashari (Unknown)
Irma Rochmawati (Universitas Komputer Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2022

Abstract

Poster merupakan suatu media penyampaian pesan dan informasi kepada masyarakat yang sudah digunakan sejak lama sesuai dengan kepentingannya tak terkecuali dalam promosi sebuah film. Dalam mempromosikan suatu film yang akan ditayangkan poster promosi film tentunya akan sangat membuat film yang akan ditayangkan tersebut jadi lebih dikenal dan sekaligus sebagai ‘wajah’ dari filmnya. Dalam penelitian ini mengkaji tanda dan unsur visual yang ditampilkan pada poster promosi film trilogi Batman karya Christopher Nolan yaitu The Dark Knight Trilogy yang dimana merupakan film batman yang paling sukses dalam segi pendapatan maupun penghargaan. Dalam poster promosi film ini terdapat kesan dan juga suatu makna yang memiliki relasi dengan filmnya dan tidak hanya sebagai keindahan estetika semata pada tampilan posternya. Semiologi Ferdinand De Saussure digunakan sebagai metode penelitian untuk membantu peneliti mengkaji tentang unsur visual dan tanda yang ada pada poster promosi ini. Semiologi adalah kajian mengenai suatu tanda, penanda, dan petanda dan relasi diantara tanda tersebut berdasarakan konvensi di masyarakat. Dalam hasil penelitian ini ditemukan tanda-tanda yang berhubungan dengan film serta visual posternya dibuat melebihi dari referensi adegan film.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

divagatra

Publisher

Subject

Arts Humanities Other

Description

DIVAGATRA - Jurnal Penelitian Mahasiswa Desain is a regular journal published by the Fakultas Desain, Universitas Komputer Indonesia. DIVAGATRA is published twice a year in April and October. This scientific journal aims to disseminate the scientific works of Diploma (D3), Bachelor (S1) and Master ...