JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)
Vol 2, No 2 (2014): JEE (Jurnal Edukasi Ekobis)

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN AKTIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR

Eka Wahyu Ningtias (Universitas Lampung)
Yon Rizal (Universitas Lampung)
Darwin Bangun (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2014

Abstract

The purpose of this research is to know whether there is influence in students’ perception about teachers’ teaching skills and student learning activities on students’ achievement of IPS Terpadu in the 8th grade of SMPN 1 Bumi Agung Lampung Timur 2013/2014. This research based on descriptive verification with an ex post facto and surveys which are 128 students are taken by Cochran formula and 96 students are taken by simple random sampling technique. To test the first and second hypotheses the writer uses simple linear regression and for the third hypotheses the writer uses multiple linear regression. The analysis showed that: (1) There is influence of students’ perception of teachers’ teaching skills on achievement of IPS Terpadu; (2) there is influence of student learning activities on achievement of IPS Terpadu; (3) There is influence in students’ perception about teachers’ teaching skills and student learning activities on achievement of IPS Terpadu.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 1 Bumi Agung Lampung Timur tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi penelitian ini berjumlah 128 siswa dengan jumlah sampel berdasarkan rumus Cochran sebanyak 96 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Untuk menguji hipotesis 1 dan 2 menggunakan regresi linier sederhana dan hipotesis 3 dengan menggunakan regresi linier multiple. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar IPS Terpadu; (2) Ada pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu; (3) Ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu.Kata kunci: aktivitas, hasil, persepsi siswa

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JEE

Publisher

Subject

Education

Description

JEE (Jurnal Edukasi Ekobis) adalah jurnal yang dikkhususkan untuk menampung tulisan hasil penelitian dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi. Awal peneribtan JEE pada Juni 2012. JEE mengeluarkan 4 kali terbitan setiap ...