Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi fungsi polinomial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan 33mahasiswa Offering BS1 pada mata kuliah matematika dasar I jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah soal matematika materi fungsi polinomial dan wawancara. Hasil penelitian berupa jawaban soal matematika materi fungsi polinomial kemudian dianalisis, tiga subjek dipilih untuk diwawancarai berdasarkan hasiljawabansoalmatematika materi fungsi polinomial di akhir pembelajaran. Hasil jawaban soalmatematika materi fungsi polinomial dan wawancara menunjukkan bahwa 52% siswa mendapatkan nilaidi bawah 80.Adapun kesalahan mahasiswadalam menyelesaikan soal matematika materi fungsi polinomial diantaranya penggunaanmetode horner, pemfaktoran, dan penggunaan aturan tanda Descartes.
Copyrights © 2022