Progresif : Media Publikasi Ilmiah
Vol. 10 No. 1 (2022): PROGRESIF : MEDIA PUBLIKASI ILMIAH

Pemanfaatan Media Pembelajaran Video untuk Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Emil Gufron (Unknown)
Agus Kadarmanto (Universitas Bondowoso)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa terutama dalam mata pelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII semester genap SMP Ar-Rahman Bondowoso. Metode penelitian yang digunakan purposive sampling area dengan menggunakan kolerasi product momenuntuk menyatakan ada atau tidaknya hubungan antara variable x(pretest) dan variable y(post test). Penelitian ini melibatkan 24 siswa kelas VIII SMP AR RAHMAN Pejaten Bondowoso tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan adalah media pembelajaran video, pretest, post test siswa, dan wawancara. Hasil penelitianmenunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video. Hasilpretest adalah 17 % dan siswa yang tidak tuntas mencapai 83% sedangkan pada saat post test presentase ketuntasan siswa mencapai 71% dan siswa yang tidak tuntas tersisa 29%. Hasil wawancara siswa lebih memahami materi, sehingga dapat disimpulkan penelitian dengan menggunakan media pembelajaran video di SMP Ar Rahman efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Nursing

Description

This journal is published twice a year, in April and November. Progressive journals accept submissions of articles that have never been published in other media. Progressive journals are committed to implementing ethical standards for publication. Therefore, Progressive Journals have formulated ...