Journal Media Public Relations
Vol. 2 No. 1 (2022): Journal Media Public Relations

Marketing Communication Strategy of Retail ACE Hardware Lampung in Promoting Online Sales: Strategi Komunikasi Pemasaran Retail ACE Hardware Lampung dalam Mempromosikan Penjualan Online

Immawati Asniar (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakutas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Lampung)
Angga Atriza Nugraha (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakutas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Lampung)
Sri Choiriyati (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakutas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Lampung)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Indonesia sedang mengalami pandemi virus Covid-19. Dimana masyarakat diharuskan menjaga jarak antar individu dan menghindari kerumunan. Di masa pandemi, masyarakat lebih memilih untuk berbelanja secara online. Pesatnya perkembangan teknologi serta kemudahan dalam berbelanja secara online juga meningkatkan minat masyarakat. Kebutuhan pasar berubah seiring dengan perubahan gaya hidup sehingga perusahaan mulai mengubah sistem penjualan dan promosi secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran Retail ACE Hardware Lampung dalam mempromosikan penjualan online. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah supervisor¸ karyawan, dan beberapa konsumen Retail ACE Hardware Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Retail ACE Hardware Lampung dalam mempromosikan penjualan online dilaksanakan dengan cara memaksimalkan sumber daya manusia, membuat aplikasi, serta menjalin kerjasama dengan stakeholder. Strategi komunikasi pemasaran juga dilakukan dengan memperhatikan berbagai aspek, mulai dari aspek informasi produk, layanan, pembelian, advertising (periklanan), maupun sponshorship.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal Media Public Relations (JMP) merupakan jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi. Jurnal ini memuat hasil karya ilmiah berupa penelitian lapangan maupun studi pustaka yang berkenaan dengan Ilmu Komunikasi, yaitu, Ilmu komunikasi, public relation, Komunikasi Pariwisata, Media, Teknologi ...