JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 5, No 1 (2022): JIMB - VOLUME 5 NOMOR 1 MEI 2022

Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Pegadaian Digital Service (Studi Kasus Nasabah PT. Pegadaian Cabang Limboto)

Elviansri Katili (Universitas Negeri Gorontalo)
Andi Juanna (Universitas Negeri Gorontalo)
Yulinda L Ismail (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) seberapa besar pengaruh kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna aplikasi pegadaian digital service. 2) seberapa besar pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna aplikasi pegadaian digital service. 3) seberapa besar pengaruh kualitas system dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna aplikasi pegadaian digital service. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2001 nasabah. Tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu sebanyak 95 responden. Uji analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian uji t (parsial) menunjukkan bahwa variabel 1) kualitas sistem berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna ditunjukkan dengan nilai t-hitung 4,189 t-tabel 1.986. 2) kualitas informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna ditunjukkan dengan nilai t-hitung 3,513 t-tabel 1.986. 3) kualitas sistem dan kualitas informasi secara simultan mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi pegadaian digital service ditunjukkan dengan nilai Fhitung 44,931 Ftabel 3,0954 dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan R2 sebesar 49,4% dikategorikan sedang, dapat disimpulkan bahwa kualitas sistem dan kualitas informasi secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi pegadaian digital service sedangkan 50,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kualitas layanan dan perceived usefulness.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...