JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 5, No 1 (2022): JIMB - VOLUME 5 NOMOR 1 MEI 2022

Pengaruh Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Kuliner Ayam Geprek Di Era Pandemi Covid-19 Di Kota Gorontalo

Yakob Nina (Universitas Negeri Gorontalo)
Raflin Hinelo (Universitas Negeri Gorontalo)
Ramlan Amir Isa (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran kuliner ayam geprek. 2) pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran kuliner ayam geprek. 3) pengaruh inovasi produk dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran kuliner ayam geprek. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua populasi digunakan sebagai sampel yaitu sejumlah 77 rumah makan ayam geprek. Uji analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Secara parsial inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja pemasaran di tunjukkan dengan nilai t hitung 2,897 t tabel 1,665. 2) Secara parsial keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran di tunjukkan dengan nilai t hitung 4,903 t tabel 1,665. 3) Sedangkan secara simultan inovasi produk dan keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran di tunjukkan dengan uji F, dimana F hitung 34,435 F tabel 3,118642 dengan tingkat signifikansi 5%. Nilai R Square dalam penelitian ini adalah variabel inovasi produk dan keunggulan bersaing dalam menjelaskan variabel kinerja pemasaran sebesar 0,482 atau 48,2% masuk dikategori sedang, sedangkan 51,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti variabel promosi, keunggulan produk baru, dan tingkat kesuksesan produk baru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...