Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JEMBA)
Vol. 1 No. 4: Juli 2022

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS KONSUMEN (Pengguna Platform Aplikasi Marketplace di Kota Malang)

Nur Eko Cahyono (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kertanegara Malang)
Syaifuddin Fahmi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kertanegara Malang)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kepercayaan konsumen terhadap kepuasan konsumen dalam membentuk Loyalitas Konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 80 responden yang merupakan pengguna platform marketplace di Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa: variabel Kualitas Produk berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Konsumen; variabel Kepercayaan Konsumen berpengaruh langsung dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen; variabel Kepuasan Konsumenberpengaruh langsung dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen; variabel Kualitas Produk berpengaruh langsung dan signifikan terhadap Loyalitas Pembelian; variabel Kepercayaan Konsumen berpengaruh tidak signifikan terhadap Loyalitas Pembelian; variabel Kualitas Produk melalui Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen tidak signifikan; variabel kepercayaan konsumen melalui Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen tidak signifikan. Dengan demikian, sebaiknya penjual pada platform marketplace memperhatikan Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen Hal tersebut akan mampu mempengaruhi Kepuasan dan akan meningkatkan Loyalitas Konsumen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEMBA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JEMBA for Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, published by Bajang Institute. Published in two formats, print and online, both of which are published six times in one year. The scope of the journal studies broadly includes: Economy, Management, Business and ...