Banco: Jurnal Manajemen dan Perbankan Syariah
Vol 3 No 2 (2021): Banco: Jurnal Manajemen dan Perbankan Syariah

Strategi Marketing Funding dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di Bank BNI Syariah Parepare

hardiyanti tahir (Unknown)
Zainal Said (iainparepare)
Marhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Strategi Marketing Funding dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di Bank BNI Syariah Parepare. Strategi pada suatu bank merupakan hal yang sangat penting karena dengan adanya strategi yang baik akan mempermudah pekerjaan utamanya bagi seorang marketing funding dimana seorang marketing funding bertanggung jawab untuk meningkatkan jumlah nasabah bank. Terkait dengan hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Marketing Funding dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di Bank BNI Syariah Parepare.. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kualitatif, sumber data penelitian yaitu data primer merupakan data yang diperoleh langsung di lapangan berdasarkan wawancara dengan informan yakni dengan nasabah dan karyawan funding Bank BNI Syariah Parepare dan data sekunder diperoleh dari beberapa sumber pendukung seperti buku, jurnal dan sumber data lainnya yang terkait dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori strategi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perencanaan, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan strategi yang dilakukan marketing funding dalam meningkatkan jumlah nasabah di BNI Syariah Parepare adalah dengan menentukan tujuan sasaran terlebih dahulu, adapun tujuan sasaran dari marketing funding BNI Syariah Parepare adalah Instansi dan Nasabah perorangan. 2) Implementasi strategi yang dilakukan marketing funding untuk mencapai tujuan sasaran tersebut adalah dengan melakukan sosialisasi ke istansi dan untuk nasabah perorangan dilakukan dengan cara melakukan kunjungan langsung door to door untuk meperkenalkan produk BNI Syariah. 3) Evaluasi strategi yang dilakukan marketing funding di BNI Syariah Parepare adalah dengan meninjau faktor internal dan eksternal, menilai kinerja yang telah dilakukan dengan melihat pencapaian target apakah target tersebut dapat dicapai dan terus mengalami peningkatan atau tidak dan jika tidak tercapai maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan tindakan perbaikan salah satunya yang dilakukan adalah dengan terus meningkatkan produk dan program bank syariah sehingga mampu untuk menarik minat masyarakat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

banco

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Banco: Jurnal Manajemen dan Perbankan Syariah publishes original works that contribute to scientific discussion of Sharia Economic, Management and Bisnis Sharia, Sharia Banking, Economic Development, Sharia Finance and Accounting, Management and Economic any related issues. The works on the issues ...