Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman
Vol 8, No 1 (2022): June

IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KARIER UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA DI SMPN 9 BLITAR

Elia Firda Mufidah (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Peppy Sisca Dwi Wulansari (SMPN 9 Blitar)
Mudhar Mudhar (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2022

Abstract

Kurikulum merdeka menjadi hal baru yang di dunia pendidikan. Layanan bimbingan dan konseling diharapkan mampu untuk menyesuaikan dengan kurikulum merdeka. Bimbingan dan Konseling sebagai bagian dari unsur yang ada disekolah diharapkan mampu untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka atau merdeka belajar. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk memaparkan layanan bimbingan karier yang mendukung kurikulum merdeka di SMPN 9 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek penelitian yakni 2 guru bimbingan dan konseling SMPN 9 Blitar yang diambil secara purposive sampling. Pengambilan data penelitian menggunakan wawancara dan observasi. Peneliti membuat pedoman wawancara meliputi pemahamn terkait kurikulum merdeka, sumber untuk mempelajari kurikulum merdeka dan bagaimana implementasi layananHasil dari penelitian ini diperoleh data layanan bimbingan dan konseling bidang karier di SMPN 9 Blitar mengadaptasi model project based learing dimana pemberian proyek mading info sekolah lanjutan dan pohon karier. Siswa terlihat aktif dalam mengikuti layanan bimbingan karier yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling._____________________________________________________________________ Kurikulum Merdeka (An independent curriculum) is a new thing in the world of education. Guidance and counseling services are expected to be able to adapt to the independent curriculum. Guidance and Counseling as part of the existing elements in schools is expected to be able to support the implementation of  kurikulum merdeka or merdeka belajar. The purpose of this study is to describe career guidance services that support the independent curriculum at SMPN 9 Blitar. This research uses a case study qualitative approach. The research subjects were 2 guidance and counseling teachers at SMPN 9 Blitar which were taken by purposive sampling. Retrieval of research data using interviews and observation. Researchers made interview guidelines covering understanding related to kurikulum merdeka, sources for studying the kurikulum merdeka and how to implement services. The results of this study obtained data on career guidance and counseling services at SMPN 9 Blitar adapting a project based learning model in which the project provides information on high school information and career trees. Students are seen to be active in participating in career guidance services provided by guidance and counseling teachers.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BKA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Jurnal ini terbit sebanyak dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan penelitian dan artikel ...