Dunia pendistribusian yang terus berkembang dikarenakan faktor kebutuhan online meningkat. Tentunya aspek pelayanan menjadi salah satu ujung tombak perusahaan dalam meraih sebuah kesuksesan pasar konsumen. Namun sering kali terjadi masalah dalam hal pelayanan terhadap konsumen sama halnya yang terjadi di Kantor Pos Lhokseumawe. Sering terjadi pada setiap harinya konsumen yang datang ke Kantor Pos Lhokseumawe atau menghubungi via telepon customer service, untuk mengkonsultasikan permasalahan yang dihadapi oleh konsumen tersebut dari mulai melacak keberadaan barang hingga keluhan kerusakan barang. Untuk menindaklajuti ketidaknyamanan tersebut maka diperlukan suatu system management complain yang lebih efektif agar setiap konsumen yang memerlukan jasa pelayanan di kantor pos dapat dilayani dengan baik dan tepat waktu. Sistem informasi ini memudahkan konsumen dalam mengakses costumer service karena terdapat form seperti halaman keluhan konsumen. Bentuk metode yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya adalah metode CRM atau yang dikenal dengan Customer Relation Management. Pembuatan sistem informasi berbasis web ini yaitu dengan merancang UML (Unified Modeling Language), serta menggunakan php myadmin, Xampp, sublime sebagai software pendukung. Untuk hasil penelitiannya diharapkan sistem informasi mempermudah konsumen dalam menyampaikan keluhan tanpa harus mendatangi kantor pos sehingga menjadi lebih cepat dan praktis.
Copyrights © 2021