Jurnal Orasi
Vol 13, No 1 (2022): Juli 2022

ETIKA KOMUNIKASI BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Meyla Tazqiya Rakhma (Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2022

Abstract

Komunikasi adalah kegiatan pertukaran pesan antara dua pihak atau lebih. Sedangkan komunikasi bisnis adalah pertukaran pesan yang memiliki tujuan dan dalam lingkup kegiatan bisnis. Komunikasi bisnis Islami berarti kegiatan pertukaran pesan antara dua pihak atau lebih dalam lingkup bisnis berdasarkan aturan Islam. Jadi, segala bentuk pesan yang keluar dari komunikator harus memperhatikan berbagai etika dan prinsip Islam. Ini mencakup semua bentuk kegiatan bisnis, baik itu terkait produk, layanan perusahaan, atau komunikasi dengan berbagai pihak untuk memperlancar berbagai kepentingan bisnis. Penelitian ini menjelaskan mengenai etika-etika komunikasi dan bisnis dalam perspektif islam yang lebih komprehensif berdasarkan hasil dari tinjauan literatur. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan tinjuan literatur yang dilakukan dengan mengkaji beberapa literatur yang terkait dengan fokus penelitian melalui artikel-artikel jurnal dan buku-buku serta data penunjang lainnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam praktek penerapan prinsip-prinsip Islam meliputi kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan perbuatan baik. Prinsip-prinsip bisnis Islami juga harus dibarengi dengan pelaksanaan komunikasi Islam yang baik seperti yang tertuang dalam Al-Qur'an tentang qaulan ma'ruf, qaulan tsabit, qaulan sadid, qaulan bhaliqh, qaulan karim, qaulan maysur dan qaulan layyin. Jika kedua aspek ini diterapkan dalam komunikasi bisnis maka semuanya akan berjalan dengan baik karena semua yang kita lakukan telah diberkati oleh Allah SWT.

Copyrights © 2022