IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology)
Vol 7, No 1 (2022): IJCIT Mei 2022

Perancangan Game Edukasi Matematika Bangun Ruang Untuk Siswa SMP Berbasis Android

Rabiatus Sa’adah (Universitas Bina Sarana Informatika)
winanda winanda (Universitas Bina Sarana Informatika)
Muhammad rezki (Universitas Nusa Mandiri)
Muhammad Faisal (Universitas Bina Sarana Informatika)
Badaritul Lailiah (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2022

Abstract

Matematika selalu berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Menyadari betapa pentingnya mempelajari matematika khususnya tentang bangun ruang, karena dapat meningkatkan pengetahuan berpikir secara logis, dan rasional. Kesulitan dan rasa malas dalam mempelajarinya matematika mengakibatkan rendahnya tingkat prestasi belajar siswa. Tentu hal tersebut menjadi suatu permasalahan yang harus diatasi. Untuk itu perlu adanya media pembelajaran yang menarik dalam membangkitkan motivasi dan semangat belajar siswa. Dengan memanfaatkan media teknologi, peneliti bermaksud membuat suatu media pembelajaran melaui game edukasi yang ditujukan untuk siswa Sekolah Menengah Pertama mengingat siswa SMP mempunyai ketertarikan yang sangat tinggi dengan game. Kebutuhan pembuatan game antara lain dengan menentukan konsep game yang akan dibuat, sasaran pengguna, jenis game, sistem scoring, aturan permainan, jumlah level, menentukan engine yang digunakan dalam membuat dan menjalankan game nantinya serta menyiapkan softwere pendukung lainnya. Penelitian ini menghasilkan aplikasi game edukasi berbasis android yang dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa dalam mempelajari bangun ruang. Pembelajaran juga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Mathematics is always related to everyday life. Realizing how important it is to learn mathematics, especially about building spaces, because it can increase knowledge of thinking logically and rationally. The difficulty and laziness in learning mathematics, resulted in the low level of student achievement. Of course this is a problem that must be overcome. For this reason, it is necessary to have interesting learning media in generating motivation and enthusiasm for student learning. By utilizingtechnology media,the researchers intends to create a learning media through educational games aimed at junior high school students considering that junior high school students have a very high interest in games. The needs for making games include determining the concept of the game to be made, target users, type of game, scoring system, game rules, number of levels, determining the engine used to create and run the game later and preparing other supporting software.This research produces an Android-based educational game application that can increase the enthusiasm and motivation of students to learn about building space. Learning can also be done anywhere and anytime.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijcit

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal IJCIT Terbit pertama kali pada Bulan Mei Tahun 2016. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media publikasi hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian pada bidang Teknik Informatika, Manajemen Informatika dan Sistem Informasi. Terbit secara berkala 2 (dua) kali ...