Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 8, No 1 (2022): January 2022

Regulasi Penulisan Buku Ajar bagi Dosen di Perguruan Tinggi

Mira Mirnawati (Universitas Bina Taruna Gorontalo)
Abdul Rahmat (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Jumlah terbitan buku ajar yang kurang dari 10% dari total dosen aktif berdasarkan data PDDikti menjadi pemicu ditulisnya penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk menemukan dan menganalisis regulasi dan dokumen lainnya terkait penulisan buku ajar bagi dosen. Harapannya, dengan adanya analisis ini dapat memotivasi dosen untuk semangat menulis buku ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Data primer berupa regulasi dan dokumen yang diterbitkan oleh pemerintah dan data sekunder berupa artikel dan data statistik yang diperoleh dari laman-laman pemerintah. Teknik analisis data menggunakan metode content analysis. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat regulasi pemerintah terkait buku ajar didukung oleh buku pedoman dan buku panduannya, tetapi tidak ada yang secara spesifik menjelaskan cara buku ajar ditulis. Buku pedoman dan buku panduan baru menjelaskan teknik penyusunan kurikulum. Inilah yang mungkin menjadi peneybab dosen tidak termotivasi untuk menulis buku ajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...