INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Vol 5 No 1 (2022): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science

Analisis Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank

Rizki Novendra (Universitas Lancang Kuning)
Sukardi Umar (Universitas Negeri Padang)
Febrizal Alfarasyi Syam (Universitas Lancang Kuning)
Mardita Yulfina (Universitas Lancang Kuning)
Afriansyah Afriansyah (Universitas Lancang Kuning)
Evi Yanti (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh bank dan tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan yang diberikan menggunakan 5 dimensi pengukuran, yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, , dan empathy. Metode yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA) yang diolah dengan Microsoft Excel untuk Windows dan SPSS untuk windows. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 93. Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata tingkat kesesuaian antara kepuasan dan kepentingan adalah 80,37%. Untuk prioritas utama yang harus dilakukan perbaikan berdasarkan diagram kartesius kuadran I adalah meyediakan display dan informasi yang cukup mengenai produk dan jasa bank, mempercepat dan mempermudah proses transaksi, melakukan pembaharuan pada aplikasi untuk meningkatkan kecepatan jaringan/situs layanan mobile banking, memastikan nasabah merasa aman melakukan transaksi menggunakan layanan mobile banking, meningkatkan kepekaan petugas untuk menerima keluhan dan pengaduan nasabah terkait layanan mobile banking KB Bukopin.

Copyrights © 2022