Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara
Vol 14 No 1 (2022): Model dan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi

Pengembangan Aplikasi Diagram Venn Berbasis Android dengan Model Spiral

Bayu Jaya Tama (Universitas Indraprasta PGRI)
Hendro Purwoko (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2022

Abstract

Matematika sering digunakan dalam kehidupan untuk menemukan solusi terhadap permasalahan. Guru harus kreatif dalam mendesain strategi pembelajaran, untuk memotivasi siswa belajar dengan cara memadukan teknologi. Contohnya adalah penggunaan aplikasi untuk melakukan perhitungan teori himpunan berbasis Android dengan menggunakan bahasa pemrograman Kotlin pada perangkat lunak Android Studio dan menerapkan SDLC (Software Development Life Cycle) bermodel Spiral yang dikembangkan oleh Boehm pada tahun 1986 dengan menyelaraskan antara desain dan pembuatan prototipe yang dapat digunakan oleh berbagai Industri. Model Spiral digunakan untuk membantu pengembangan perangkat lunak mulai dari gagasan, tahap pengembangan hingga prototipe yang layak pakai dan berkembang terus menerus mengingat bahwa perangkat yang digunakan pada penelitian ini sudah mencapai versi ke dua. Adapun proses perhitungan teori himpunan adalah sebagai berikut: (1) Dimulai dengan melakukan input nilai S, A, B, C, irisan dan hasil yang ingin didapat; (2) Kemudian masuk ke dalam proses perhitungan, jika gagal maka akan muncul pesan kesalahan; (3) Jika berhasil akan menampilkan hasil perhitungan dan diagram Venn. Aplikasi penghitung teori himpunan yang merupakan pengembangan dari aplikasi Versi pertama menerapkan alur SDLC Model Spiral dapat menjalankan dua belas simulasi dan memunculkan diagram Venn dengan tepat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state of the art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new ...